Selasa, 10 Agustus 2010

PHP Dasar 1

Sekarang saya akan memberikan dasar dasar PHP.

PHP adalah bahasa pemograman yang bersifat server side, alias kode-kode PHP yang kita buat akan dieksekusi oleh server tempat kita meletakkan file PHP kita. Jadi PHP tidak seperti HTML, yang bisa langsung kita buat dan langsung buka filenya di browser. Karena itu, untuk membuat kode PHP kita membutuhkan sebuah server. Tapi kita tidak usah harus membeli web hosting untuk membuat kode PHP. Kita cukup menginstal local server di komputer kita.

Ada beberapa local server yang bagus dan siap instal. Salah satunya adalah XAMPP. XAMPP ini gratis, jadi anda bisa mencarinya di web dan langsung mendownloadnya. Dan untuk menginstal nya sangat mudah. Pokoknya tinggal klik next saja, anda sudah dapat menginstal nya. Tapi jangan lupa menentukan lokasi folder 'xampp' nya ya..

Jika anda sudah menginstal XAMPP nya, anda tinggal menguji apakah XAMPP nya sudah jalan atau belum. Caranya buka web browser anda. Lalu ketikkan 'localhost' pada address bar. Jika sudah jalan anda akan melihat halaman awal XAMPP di browser anda. Jika belum, mungkin XAMPP nya belum diaktifkan. Cara mengaktifkannya adalah, buka 'XAMPP control panel' yang bisa ada di pojok kanan bawah desktop anda, atau buka 'windows' cari 'program' cari folder 'XAMPP' -di windows 98 saya ada di folder Apache Friends- lalu klik XAMPP Control Panel.

Sesudah XAMPP Control Panel nya terbuka klik tombol start pada baris 'Apache'. Untuk baris lain sementara dibiarkan 'Stop' saja terlebih dulu. Setelah itu coba lagi buka 'localhost' pada browser anda. Jika halaman awal XAMPP sudah terbuka, berarti anda sudah bisa menjalankan kode PHP di komputer anda.

Nah, sekarang misal anda sudah mempunyai sebuah file PHP dan ingin menjalankannya. Pertama file tersebut harus berada pada folder 'htdocs' yang ada di folder 'xampp'. Jadi pindahkan file tersebut ke folder 'htdocs', lalu buka browser dan ketikkan 'localhost/nama_file.php' pada address bar. Misal nama file nya adalah 'phpdasar.php' maka ketikkan 'localhost/phpdasar.php' pada address bar. Jika anda membuat proyek besar dan membuat folder baru di folder 'htdocs' juga bisa. Maka tinggal rubah menjadi 'localhost/nama_folder' atau 'localhost/nama_folder/namafile'.

Sebagai contoh:

------------------ mulai kode PHP ------------------

<?

echo "Contoh Kode PHP";

?>

------------------ akhir kode PHP ------------------

Ketikkan kode diatas di notepad, lalu simpan dengan nama 'lat-php1.php' -jangan lupa rubah 'save as type' menjadi 'all files'- dan lokasi penyimpanan di folder 'htdocs'.

Jika sudah, buka browser ketik 'localhost/lat-php1.php' di address bar. Dan kode PHP sudah tereksekusi.

Misal anda membuat folder baru di folder 'htdocs' dengan nama 'latihan' dan memutuskan menyimpan file 'lat-php1.php' di folder tersebut maka ketikkan 'localhost/latihan/lat-php1.php' di address bar browser anda.

Oke, apakah anda sudah mengerti? Atau belum ngerti... hehehe. Silakan tanyaa atau beri komentar ya.....

Baiklah, Insya Allah pada artikel selanjutnya saya akan membahas kode-kode dasar PHP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar